Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 24 Februari 2012

Pantai Karang Bolong - Tempat Rekreasi Di Banten

Pantai Karang Bolong merupakan salah satu dari beberapa tempat rekreasi yanng cukup popiler di Banten setelah Pantai Carita dan Pantai Anyer. Tempat rekreasi Pantai Karang Bolong ini lokasinya terletak sekitar 50 kilometer dari Serang atau sekitar 140 kilometer dari Jakarta pada ruas jalan utama Anyer-Carita.

Di pantai ini, terdapat sebuah karang besar dengan lubang di tengah berupa gua yang berhadapan langsung ke arah laut lepas. Lubang tersebut kemungkinan disebabkan oleh letusan gunung Krakatau pada tahun 1883.


Di atas batu karang terdapat tempat yang cukup untuk melakukan pengamatan dan juga terdapat hutan kecil tempat beristirahat sambil menikmati pemandangan laut lepas.

Pembentukan Gua Karangbolong dipengaruhi oleh peruntuhan yang terjadi di sepanjang batas bidang antara breksi dengan batu pasri atau batu lempung. Lubang peruntuhan akan semakin besar karena lapisan batuan yang menggantung di atap lubang selalu runtuh akibat beratnya.

Proses itu juga dipicu oleh kekar-kekar yang ada, yang kehadirannya memperlemah daya ikat antar komponen batuan. Proses pembentukan gua teramati baik di ujung timur dan selatan Goa Karangbolong, di mana pada skala kecil terjadi peruntuhan batuan di sepanjang batas lapisan yang berbeda. Karena bukan gua batu gamping, maka di dalam Goa Karangbolong tidak dijumpai ornamen.

0 komentar

Poskan Komentar