Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 29 Oktober 2009

Pengertian Wisatawan

Menurut Undang-undang no 10 thn 2009 tentang kepariwisataan disebutkan wisatawan adalah orang yang melakukan wisata. Sedangkan Sihite (2000:49) pengertian wisatawan dapat dibagi menjadi dua, yaitu:

1. Wisatawan nusantara adalah wisatawan dalam negri atau wisatwan domestik.

2. Wisatawan mancanegara adalah warga negara suatu negara yang mengadakan perjalanan wisata keluar lingkungan dari negaranya (memasuki negara lain).

Menurut IUOTO (International Union of Official Travel Organization), dalam Gamal Suwantoro (2009:4) menggunakan batasan mengenai wisatawan secara umum: pengunjung (visitor) yaitu setiap orang yang datang ke suatu negara atau tempat tinggal lain dan biasanya dengan maksud apapun kecuali untuk melakukan pekerjaan yang menerima upah. Jadi ada dua kategori mengenai sebutan pengunjung, yakni:

1. Wisatawan (tourist) adalah pengunjung yang tinggal sementara, sekurang-kurangnya 24 jam di suatu negara. Wisatawan dengan maksud perjalanan wisata dapat digolongkan menjadi :

a. Pesiar (leisure), untuk keperluan rekreasi, liburan, kesehatan, study, keagamaan, dan olahraga.

b. Hubungan (relationship), dagang, sanak saudara, kerabat, MICE, dsb.

2. Pelancong (ekscursionist) adlah pengunjung sementara yng tinggal dalam suatu negara yng dikunjungi dalam waktu kurang dari 24 jam.

Berdasarkan uraian diatas, dapat disimpulkan bahwa wisatawan adalah orang-orang yang melakukan kegiatan perjalanan dengan tujuan memperoleh kesenangan, tidak untuik bekerja, menetap, dan mencari nafkah.

4 komentar

SuperSoniC 24 September 2020 pukul 01.20

Hai! Makasih udah nulis tentang artikel ini. Aku seneng banget bacanya.

Untuk mengobati kerinduanmu berwisata di masa pandemi, DigiTiket akan bawa kamu menelusuri tempat-tempat menarik penuh cerita lewat wisata virtual indonesia virtual tour indonesia https://digitiket.com.

Virtual Tour Indonesia 19 November 2020 pukul 16.00

Terimakasih kak sudah nulis tentang artikel ini. sangat membantu banget setelah membacanya.
jangan lupa kunjungi website kami yang di tidak kalah menarik juga ya dibawah ini
Berikut link Harga Tiket wisata dari beberapa tempat wisata di indonesia .
Harga Tiket agung fantasi waterpark

Harga Tiket Taman Legenda Keong Mas

Harga Tiket The Lodge Maribaya

Virtual Tour Indonesia

Harga Tiket watersplash darmawangsa

Harga Tiket rinjani waterpark

Harga Tiket Go splash panjibuwono

Virtual Tour Indonesia

fitri94.blogspot.com 6 Mei 2021 pukul 00.37

cantikk bangett kakak.. banyak tempat untuk spot foto disana :)

Kresna KS 24 Mei 2021 pukul 19.40

Mulai 1 Oktober 2019, wisatawan mancanegara dapat meminta pengembalian Pajak Pertambahan Nilai (PPN) atas transaksi yang dilakukan atau yang lebih dikenal dengan istilah Value Added Tax (VAT) Refund for Tourists. Selengkapnya dapat dilihat di https://www.krishandsoftware.com/blog/803/pengembalian-ppn-vat-refund-untuk-wisatawan-mancanegara/

Posting Komentar