Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 11 April 2012

Pura Mandaragiri Semeru Agung




    Pure ini merupakan pure yang dituakan oleh masyarakat hindu Jawa dan Bali, Letaknya di desa Senduro,  kec. Senduro, kab. Lumajang. Tempat persembahyangan umat hindu ini mulai terpikir untuk di bangun sejak tahun 1969 dan beberapa tahun kemudian berlanjut pada pembangunan yang di danai oleh gabungan antara masyarakat hindu Lumajang dan masyarakan hindu Bali. Tidak sembarang tempat para pemimpin menentukan letak pura tersebut, bila kita lihat ternyata di sekeliling Pura Mandaragiri Semeru Agung ini terdapat tempat-tempat keramat seperti gunung semeru dan watu kelosot ( yakni tempat pengambilan air suci ).


Tari-tarian di acara tahunan
   

     Pada hari-hari tertentu Pura Mandaragiri Semeru Agung ini dipadati banyak pengunjung yakni tepatnya di waktu bulan purnama, para pengunjung ini kebanyakan dari wilayah bali dan jawa, saat hari itu tiba tak jarang masyarakat setempat memanfaatkannya untuk meraup rupiah, seperti misalnya penjual pernak-pernik, baju, oleh-oleh sampai penyewaan kamar untuk pengunjung. Selain itu pula yang dapat menarik pengunjung untuk ikut memeriahkan adalah adanya acara teatrikal di area pure, dan sabung ayam yang biasanya di adakan tepat di penutupan acara, keramaian seperti itu biasanya berlangsung selama 15 hari. Kalau penulis menyimpulkan ternya ada 2 pengunjung yang setiap harinya berdatangan yaitu yang pertama adalah pengunjung yang hanya sekedar melihat-lihat (non hindu), dan yang kedua adalah pengunjung yang mempunyai hajat dalam arti pengunjung yang ikut serta dalam acara spiritual itu (umat hindu).





    Pura Kahyangan Jagat (tempat memuja Hyang Widhi Wasa) ini sudah nampak keindahan nya meski kita hanya melihat pintu gerbang nya saja, jika kita mulai memasukinya kita akan melihat semacam ruang pertemuan atau aula yang sangat besar, ruangan terbuka inilah yang di gunakan sebagai tempat teatrikal atau tari-tarian berlangsung. Selanjutnya kita akan memasuki tempat pemujaan yang di dalamnya terdapat patung pemujaan. di samping itu juga sebagian dari wilayah dalam Pura Mandaragiri Semeru Agung tumbu rerumputan hijau yang sejuk di pandang mata.




0 komentar

Poskan Komentar