Diberdayakan oleh Blogger.

Minggu, 08 April 2012

Objek Wisata Banjarnegara

Objek Wisata Banjarnegara : Banjarnegara merupakan sebuah kabupaten yang berada di Propinsi Jawa Tengah, Secara astronomi, Kabupaten ini terletak di antara 7° 12' - 7° 31' Lintang Selatan dan 109° 29' - 109° 45'50" Bujur Timur. Luas Wilayah Kabupaten Banjarnegara adalah 106.970,997 ha atau 3,10 % dari luas seluruh Wilayah Provinsi Jateng. Kabupaten Banjarnegara berbatasan dengan Kabupaten Pekalongan juga Kabupaten Batang di Utara, Kabupaten Wonosobo di Timur, Kabupaten Kebumen di Selatan, serta Kabupaten Banyumas dan Kabupaten Purbalingga di Barat.

Sesuai dengan judul diatas yaitu Objek Wisata Banjarnegara,silahkan anda simak saja dibawah ini beberapa tempat wisata di Banjarnegara yang tentunya sayang untuk anda lewatkan jika kebetulan anda sedang berkunjung ke Kota ini.

Arung Jeram Sungai Serayu





Tempat wisata Arung Jeram Sungai Serayu ini berada di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, wilayah Kabupaten Banjarnegara cukup luas. Terdiri dari perbukitan serta dataran rendah di tepi Sungai Serayu. Potensi wisata ini terbesar dari Dataran Tinggi pegunungan Dieng hingga tepi Sungai Serayu.








Kawah Sikidang Dieng


Kawah Sikidang merupakan sebuah tempat wisata favorit di kabupaten Banjarnegara. Kawah sikidang ini adalah kawah vulkanik dengan lubang kepundan yang dapat disaksikan dari bibir kawah. Dilokasi ini bersuhu sedikit hangat, dan bau belerang cukup menyengat.


Kawah Candradimuka
Kawah Candradimuka ini sebetulnya bukan kawah gunung berapi, namun kawah ini adalah pemunculan Solfatara dari rekahan tanah. Ada dua lubang rekahan yang masih aktif mengeluarkan Solfatara. Di Kawah ini terdapat sumber air yang dipercaya memiliki kekuatan magic, sehingga banyak wisatawan yang memanfaatkannya.

 



Curug Sirawe Banjarnegara
Objek wisata Curug Sirawe adalah tempat wisata bertema air terjun yang lokasinya terletak tidak jauh dari zona utama kawasan wisata Dieng, atau lebih tepatnya lagi berada di dusun Bitingan Desa kepakisan sebelah barat Dieng . Memiliki ketinggian kurang lebih 80 m berada di pegunungan yang hijau dengan panorama yang sangat indah. Untuk mencapai ke air terjun ini anda bisa memakai sepeda motor atau bisa treking melalui bukit sipandu sebuah bukit yang konon katanya adalah salah satu gerbang atau pintu masuk kawasan Dieng dari arah utara. Air terjun Curug Sirawe sangat ini begitu terlihat unik. selain area sekitarnya yang masih begitu alami karena tumbuhan yang mengelilinginya masih benar-benar tumbuhan gunung yang sangat beragam air terjun ini juga sangat mempesona karena air panas dan dingin menyatu jadi satu.



Curug Pitu
wisata Curug Pitu terletak di dekat pusat Salak Pondoh. Curug ini kabarnya sangat indah dan berupa tujuh buah curug yang bertingkat, dan ada lokasi untuk camping.






Candi Gatotkaca
wisata Candi Gatotkaca berada di sebelah barat kelompok Candi Arjuna di kaki bukit Pangonan, menghadap barat, 1 km sebelah utara Candi Bima; memiliki ornamen kala makara, tanpa rahang bawah.

 






Candi Arjuna
wisata Candi Arjuna Banjarnegara letaknya berada di dataran tinggi Dieng yang letaknya satu deret dengan Candi Srikandi, Candi Puntadewa dan Candi Sembadra, dan berhadapan dengan Candi Semar

 



Candi Bima
wisata Candi Bima terdapat di Dieng yang Diperkirakan dibangun setelah Candi Srikandi; bagian atapnya mirip bentuk shikara, seperti mangkuk yang ditangkup.








Candi Dwarawati
wisata Candi Dwarawati terletak di bukit Perahu, berukuran 5,3 x 5,3 m, dan letaknya paling utara diantara candi-candi lainnya. Candi ini mengalami restorasi total pada 1980.

0 komentar

Poskan Komentar