Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 09 April 2012

Candi Borobudur

Borobudur merupakan nama dari sebuah candi Buddha yang berada di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Candi Borobudur ini letaknya kurang lebih 100 km di sebelah barat daya Semarang, 86 km di sebelah barat Surakarta, dan 40 km di sebelah barat laut Yogyakarta. Borobudur dibuat oleh para penganut agama Buddha Mahayana sejak tahun 800-an Masehi pada masa pemerintahan wangsa Syailendra. Objek wisata ini terdiri atas enam teras yang berbentuk bujur sangkar yang disebelah atasnya ada tiga pelataran melingkar.

Candi Borobudur ini merupakan tempat suci untuk memuliakan Buddha sekaligus juga berfungsi sebagai tempat ziarah untuk menuntun umat manusia beralih dari alam nafsu duniawi menuju pencerahan dan kebijaksanaan sesuai ajaran Buddha.

Hingga saat ini, candi Borobudur masih saja ddipergunakan sebagai tempat ziarah keagamaan; tiap tahunnya, umat Buddha dari seluruh Indonesia dan mancanegara berkumpul di candi ini untuk memperingati Trisuci Waisak. Dalam dunia pariwisata, candi ini adalah obyek wisata tunggal di Indonesia yang paling banyak dikunjungi.

Candi Borobudur ini terletak sekitar 40 kilometer barat laut dari Kota Yogyakarta, Candi ini berada di atas bukit di sebuah dataran yang dikeliling 2 pasang gunung kembar yaitu Merbabu-Merapi di sebelah timur laut dan Gunung Sundoro-Sumbing di sebelah barat laut serta bukit Tidar di sebelah utaranya.

0 komentar

Poskan Komentar