Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 24 April 2012

Candi Gedhong Putri


Candi Gedhong Putri

      Memang nama candi ini  tidak sering kita dengar, memang tidak sefenomenal dan seluas candi borobudur, tapi candi yang di kenal dengan nama candi gedhong putri ini juga turut andil di dalam rejarah masyarakat lumajang. Candi ini di bangun di masa ratu Nararrya Kirana. Sementara di sebelah utara candi terdapat batu Lingga Yoni yakni batu simbol kesuburan manusia. Seperti halnya tanah di mana batu ini berada, terlihat pepohonan di mana-mana, pesawahan yang hijau semkin membuktikan betapa suburnya tanah ini. Bentuk dari batu lingga yoni adalah kotak persegi yang memanjang dengan pahatan-pahatan di sampingnya lebih detailnya bisa di bilang berbentuk lumpang atau lesung yang sering di pakai oleh masyrakat dulu untuk menumbuk padi dan berkepala naga. Namun saat ini kita kidak lagi melihat kepala naga itu, diperkirakan kepala naga itu hilang di curi oleh seorang yang tidak bertanggung jawab.
Batu Lingga Yoni



     Salah satu daerah wisata di lumajang yaitu Candi gedhong putri ini terletak di tengan persawahan warga di dusun gedhong putri desa Kelapa Sawit kabupaten Lumajang. Seperti nama desanya yaitu kelapa sawit, tidak heran jika kita melihan pepohonan kelapa di sekitan jalan, namun kelapa yang tumbuh bukan kelapa sawit melainkan kelapa biasa yang sering kita jumpai di daerah jawa. Sama halnya candi-candi lain yang di temukan, candi yang tidak terlalu luas inipun juga turut mendapat pengamanan, buktinya di area candi di kelilingi oleh kawat-kawat secara persegi.


Pesawahan Warga

     Jika kita lihat daerah di sekitar candi menandakan bahwa daerah ini dulunya adalah daerah letusan gunung semeru, terdapat batu-batu besar yang berserakan di antara pesawahan. Sampai saat ini candi gedhong putri hanya sering di datangi oleh masyrakan lokal sekitar lumajang saja, untuk daerah jauh masih kurang, mungkin karena jarak yang cukup jauh dari pusat kota dan lagi memang candi ini tidak terlalu di bicarakan masyarakat. Namun lepas dari itu semua candi ini merupakan bagian dari asal-usul  kota Lumajang yang harus kita jaga dan kita lestarikan ke utuhannya, terlebih bagi kita sebagai masyarakat Lumajang sendiri.

0 komentar

Poskan Komentar