Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 03 Mei 2012

Taman Narmada Lombok

Objek Wisata Taman Narmada ini berada di lombok Barat,atau lebih tepatnya diperkirakan sekitar 10 km ke arah timur dari Cakranegara yg merupakan pusat perekonomia di lombok barat. Taman Narmada Lombok tentu saja terbuka untuk umum juga menjadi pusat liburan yang selalu ramai di kunjungi wisatawan,baik lokal maupun internasional. Di dalam lokasi wisata ini tada mata air yang menurut waga sekitar airnya berasal dari Gunung Rinjai dan dipercaya bisa menjadikan seseorang tetap awet muda sehingga disebut Air Awet Muda. Nama Pura ini diambil dari sebuah sungai suci di India yang memuja Shiwa yaitu Pura Kalasa.


Tempat wisata Taman Narmada Lombok ini merupakan hasil pembangunan dan serangkaian perbaikan/pemugaran yang berlangsung dari waktu ke waktu. Sewaktu para petugas dari Direktorat Perlindungan dan Pembinaan Peninggalan Sejarah dan Purbakala bersama dengan para petugas Kantor Wilayah Depdikbud Nusa Tenggara Barat meneliti dan mengumpulkan data sebagai langkah awal pemugaran, mereka berpendapat bahwa pemugaran secara memuaskan tidak mungkin, karena bahannya kurang dari 50%. Banyak bagian yang telah rusak terutama tebing-tebing kolam, taman, pagar maupun bangunan. Pada tahun 1980 sampai 1988 rekonstruksi Taman Narmada dapat diselesaikan.

Kompleks Taman Narmada yang ada di Lombok itu dapat dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu gerbang utama, jabalkap, telaga kembar, gapura gelang/paduraksa, mukedes, telaga padmawangi, balai loji, balai terang, patandaan, bangunan sakapat, balai bancingah, Pura Kelasa dan Pura Lingsar. Berikut ini akan diuraikan bagian-bagian dari Taman Narmada dari gerbang utama.

0 komentar

Poskan Komentar