Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 24 Mei 2012

Wisata Karanganyar

Wisata Karanganyar ; Karanganyar merupakan sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Tengah Indonesia.Sebagaimana dikutip dari situs wikipedia, Kabupaten Karanganyar ini berbatasan dengan Kabupaten Sragen di utara, dan di sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Ngawi dan Kabupaten Magetan (Jawa Timur),adapun disebelah selatannya berbatasan dengan Kabupaten Wonogiri juga Kabupaten Boyolali, Kota Surakarta, dan disebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Sukoharjo. Kabupaten Kini memiliki sebuah kecamatan enklave yang terletak di antara Kabupaten Boyolali, Kabupaten Sukoharjo, dan Kota Surakarta.

Berikut dibawah ini adalah beberapa tempat wisata Karanganyar .

Agrowisata Sondokoro.

Wisata Agrowisata Sondokoro Karanganyar ini terletak di area Pabrik Gula Tasikmadu PTPN IX, yang mengoperasikan Spoor Teboe, kereta api uap pengangkut tebu berbahan bakar kayu itu.





Wana Wisata Gunung Bromo


Gunung Bromo adalah gunung berapi yang masih aktif dan paling terkenal sebagai obyek wisata di Jawa Timur. Sebagai sebuah lokasi wisata, Gunung ini menjadi menarik karena statusnya sebagai gunung berapi yang masih aktif.Gunung Bromo mempunyai ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut itu berada dalam empat wilayah, yakni Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Kabupaten Malang. Bentuk tubuh Gunung Bromo bertautan antara lembah dan ngarai dengan kaldera atau lautan pasir seluas sekitar 10 kilometer persegi.Gunbung sekaliguas objek wisata ini memiliki sebuah kawah dengan garis tengah ± 800 meter (utara-selatan) dan ± 600 meter (timur-barat). Sedangkan daerah bahayanya berupa lingkaran dengan jari-jari 4 km dari pusat kawah Bromo.

Air Terjun Parangijo Karanganyar.

Wisata Air Terjun Parang Ijo terletak di lereng Gunung Lawu dan memiliki ketinggian sekitar 50 m. Air terjun ini berjarak tempuh sekitar 20 menit dari komplek wisata candi Cetho.Pada tahun 1942 di sebuah dusun, ada sebuah pohon tua yang sangat besar dan didominasi warna hijau. Pohon ini dianggap keramat karena tidak bisa ditebang. Keberadaan pohon itu tidak lama, banjir besar (dikenal dengan nama Baru Klinting oleh masyarakat sekitar) yang melanda daaerah tersebut mampu menumbangkan pohon tersebut dan membawanya bersama derasnya arus. Akan tetapi pohon tersebut tetap dapat berdiri tegak dan mendapat tempat baru, dimana secara kebetulan menempati diantara tebing (parang), sehingga mempermudah aliran air dari atas tebing menuju lembah melalui batangnya. Aliran air yang terus menerus membuat pohon semakin hijau dengan timbuhnya lumut-lumut.

Puri Taman Saraswati

Puri Saraswati merupakan bangunan baru yang dihibahkan dari Bupati Gianyar Bali, AA. Gde Agung Barata untuk Bupati Karanganyar Hj. Rina Iriani Sri Ratna Ningsih, S.Pd, M.Hum, sebagai bentuk kerjasama dan ikatan persaudaraan antara masyarakat Hindu Bali dan Hindu Jawa.


Candi Sukuh 

Candi Sukuh merupakan sebuah kompleks candi agama Hindu yang terletak di Kabupaten Karanganyar, eks Karesidenan Surakarta, Jawa Tengah. Candi ini dikategorikan sebagai candi Hindu karena ditemukannya obyek pujaan lingga dan yoni. Candi ini digolongkan kontroversial karena bentuknya yang kurang lazim dan karena banyaknya obyek-obyek lingga dan yoni yang melambangkan seksualitas. Candi Sukuh telah diusulkan ke UNESCO untuk menjadi salah satu Situs Warisan Dunia sejak tahun 1995.

Tempat Wisata Karanganyar lainnya
  • Astana Giribangun
  • Astana Mangadeg
  • Candi Cetho
  • Grojogan Jumog
  • Grojogan Sewu
  • Pemandian Air Hangat Cumpleng
  • Pemandian Sapta Tirta Pablengan
  • Perkebunan Teh Kemuning Karanganyar
  • Taman Ria Balekambang Karanganyar
Tag : tempat berlibur Karanganyar,tempat rekreasi Karanganyar

0 komentar

Poskan Komentar