Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 25 September 2012

Pengertian Hotel, Manajemen dan Tamu

Pengertian Hotel
Menurut Richard Sihite (206) “hotel adalah salah satu jenis akomodasi yang mempergunakan sebagian atau seluruh bangunan untuk menyediakan jasa pelayanan penginapan, makan dan minum, serta jasa yang lain bagi umum, yang dikelola secara komersial”.

Di sisi lain, Heldin Manurung dan Trizno Tarmoezi (2002 : 2) mengatakan bahwa “hotel adalah sebuah gedung yang digunakan untuk tempat penginapan dengan tujuan komersial dan menyediakan jasa pelayanan secara professional bagi para tamu termasuk penyediaan makanan dan minuman dan fasilitas lainnya.

Dari dua pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa hotel ialah satu jenis akomodasi yang menggunakan sebuah bangunan untuk menyediakan pelayanan bagi para tamu dan dikelola secara komersil

Pengertian Manajemen

Heldin Manurung dan Trizno Tarmoezi (2002 : 13) mengatakan bahwa : “manajemen ialah proses pengarahan dan pendayagunaan sumber daya manusia dan sumber – sumber lainnya untuk mencapai suatu hasil usaha yang maksimal dalam suatu bidang usaha tertentu.”

 George R.T (2000 : 4) mengatakan bahwa : “manajemen merupakan sebuah proses yang khas, yang terdiri dari tindakan – tindakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran – sasaran yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan sumber daya manusia serta sumber – sumber lainnya.”

Dari kedua pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa manajemen adalah suatu proses pengarahan, pengawasan dan pendayagunaan sumber daya manusia untuk mencapai sasaran – sasaran yang telah ditetapkan dengan tindakan – tindakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan.

Pengertian Tamu

 Menurut Bambang Sujatno (2006 : 6 – 7) “tamu adalah orang – orang yang menghendaki pelayanan yang disediakan oleh hotel. Tamu adalah orang – orang yang sangat penting yang menggunakan fasilitas hotel. Tamu bukanlah benda mati, tetapi manusia yang mempunyai perasaan, emosi, rasa suka dan curiga”.

Di lain pihak, menurut Bagyono (2003 : 61) “tamu adalah orang yang telah mandaftar dan menginap di hotel”.

Dari kedua pernyataan diatas, dapat disimpulkan bahwa tamu adalah seorang manusia yang mempunyai perasaan dan emosi yang menginap di hotel serta menggunakan fasilitas hotel.

0 komentar

Poskan Komentar