Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 25 September 2012

Jenis-jenis Restoran

Jenis-jenis Restoran
Dalam dunia perhotelan, ada cukup banyak jenis tempat pelayanan makan dan minum. Pada dasarnya klasifikasi tempat pelayanan makan dan minum didasari pada : (i) waktu makan (breakfast, brunch, lunch, teatime, dinner, supper), (ii) tipe makanan yang ditawarkan, dan (iii) lokasi restoran. Berikut ini klasifikasi restoran berdasarkan pakar perhotelan sebagai berikut :
 
Menurut Suarthana (2006 : 57), dijelaskan bahwa jenis-jenis restoran yakni :

  1. Coffeeshop, adalah restoran yang dibuka untuk beakfast, luch, dan dinner yang memberikan pelayanan sederhana dan cepat dengan harga makanan dan minuman yang relatif murah. 
  2.  Room Service, adalah restoran yang dibuka untuk breakfast, lunch, dan dinner dimana makanan tamu dapat dihidangkan di dalam kamar tamu yang menampilkan menu sederhana dan cepat dengan harga yang relatif murah. 
  3.  Dinning Room, adalah restoran yang hanya buka pada waktu dinnerdengan tamu yang memiliki tujuan berkunjung adalah untuk menikmati dinner dan hiburan yang menampilkan menu yang lengkap dan mewah dengan harga yang relatif mahal. 
  4.  Supper Club,adalah restoran yang hanya buka pada larut malam untuk dinner dan supper dengan tujuan tamu untuk menikmati makanan dan hiburan dengan menu makanan yang lengkap serta pelayanan yang mewah dengan harga yang relatif mahal.  
Menurut Soekresno (2000 : 16-17), dilihat dari pengelolaan system penyajian restoran dapat diklasifikasikan menjadi tiga, yaitu :
  1. Restoran formal, adalah industri jasa pelayanan makanan dan minuman yang dikelola secara komersial dan profesional dengan pelayanan ekslusif. Contoh : Main Dinning Room. 
  2. Restoran informal, adalah industri jasa pelayanan makanan dan minuman yang dikelola secara komersial dan profesional dengan lebih mengutamakan kecepatan pelayanan, kepraktisan dan percepatan frekuensi yang silih berganti. Contoh : Cafe, Coffee shop, Canteen. 
  3.  Specialities restoran, adalah industri jasa pelayanan makanan dan minuman yang dikelola secara komersial dan profesional dengan menyediakan makanan khas dan diikuti dengan penyajian yang khas dari suatu Negara tertentu. Contoh : Japanese Restaurant, Chinese Restaurant.

0 komentar

Poskan Komentar