Diberdayakan oleh Blogger.

Sabtu, 25 Agustus 2012

PON Riau 2012

PON Riau 2012 - Pekan Olahraga Nasional (PON) Merupakan pesta olahraga Nasional yang diselenggarakan 4 (empat) tahun sekali, dan pada penyelenggaraannya merupakan pesta multi even olahraga. PON dijadikan sebagai ajang evaluasi hasil pembinaan yang dilaksanakan oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi bersama-sama Pengurus Provinsi (Pengprov) cabang olahraga, KONI Kabupaten/Kota serta semua komponen di setiap daerah.

PON pertama dilaksanakan di kota Solo pada tanggal 8 – 12 September 1948 dijadikan sebagai sarana pemersatu bangsa melalui kegiatan olahraga. Sebagai sarana pemersatu bangsa yang merupakan salah satu tujuan pokok penyelenggaraan PON tersebut harus tetap dipertahankan dan ditingkatkan kualitasnya dalam rangka lebih meningkatkan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Sejalan dengan perkembangan kehidupan berbangsa dan bernegara, tujuan penyelenggaraan PON juga diharapkan untuk dapat menjaring bibit atlet potensial, yang dapat dikembangkan dan ditingkatkan menuju prestasi yang lebih tinggi.

Dengan penyelenggaraan PON secara bergilir, akan tercipta dan terbentuk pemerataan pembangunan khususnya pembangunan sarana dan prasarana keolahragaan, serta sektor lain yang pada gilirannya dapat mendorong percepatan peningkatan dan pengembangan prestasi olahraga nasional dan sekaligus memperkokoh kesatuan dan persatuan bangsa.

Terpanggil atas peran, fungsi serta dampak positif penyelenggaraan PON dalam memajukan dan mengembangkan potensi daerah, KONI Provinsi Riau bersama Pemerintah Daerah Provinsi Riau telah mengajukan usulan sebagai calon tuan rumah penyelenggaraan PON XVIII Tahun 2012. Selain Provinsi Riau terdapat 2 (dua) provinsi lain yang mencalonkan diri kepada KONI. Melalui forum Musyawarah Olahraga Nasional Luar Biasa (Musornaslub) yang diadakan khusus untuk memilih calon tuan rumah pada tanggal 12 Agustus 2006, Provinsi Riau terpilih sebagai tuan rumah penyelenggara PON XVlll Tahun 2012, dan kemudian diajukan kepada Wakil Presiden Republik Indonesia untuk dapat diputuskan.

Sebagai penyelenggara, Provinsi Riau berupaya melakukan modernisasi pelaksanaan yang menyangkut venus, administrasi pelayanan dengan menggunakan Teknologi Informasi (IT). Modernisasi penyelenggaraan PON juga diharapkan untuk membudayakan perilaku hidup tertib dan menjaga kebersihan serta keamanan yang tercermin dalam konsep Green PON XVIII Tahun 2012 Provinsi Riau. Green PON menyajikan program penghijauan, keindahan kota, menciptakan suasana asri dan nyaman di halaman dan lingkungan venus, hotel serta menambah kantong paru-paru kota.

Waktu Pelaksanaan

Pekan Olahraga Nasional XVII Tahun 2012 Provinsi Riau dilaksanakan selama 12 (dua belas) hari. Upacara pembukaan diadakan pada hari Minggu tanggal 9 September 2012 dan penutupan akan dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 20 September 2012.

Waktu pelaksanaan pertandingan cabang olahraga secara umum dilaksanakan selama 12 (dua belas) hari yang dimulai pada tanggal 9 September 2012 hingga selesai pada tanggal 20 September 2012. Namun, apabila diperlukan dan untuk memenuhi kebutuhan teknis pertandingan, beberapa cabang olahraga dapat dilaksanakan lebih awal sebelum hari H pembukaan PON XVIII Tahun 2012 Provinsi Riau.

Jadwal Umum PON

Tempat Pelaksanaan

Tempat pelaksaanaan PON XVIII Tahun 2012 Provinsi Riau yang terdiri dari pelaksanaan upacara dan pelaksanaan pertandingan sebagai berikut :

Tempat Pelaksanaan Upacara

Upacara Pembukaan dan Upacara Penutupan PON XVIII Tahun 2012 Provinsi Riau dilaksanakan di Stadion Utama yang terletak di Kawasan Olahraga Universitas Riau di Pekanbaru.

Upacara Pengibaran dan Upacara Penurunan Bendera Kontingen tiap KONI Provinsi dilaksanakan di Stadion Utama yang terletak di Kawasan Olahraga Universitas Riau Pekanbaru, dan di salah satu Venus di Kabupaten/Kota lokasi PON XVIII Tahun 2012 Provinsi Riau.

Tempat Pelaksanaan Pertandingan

Semua pertandingan cabang olahraga PON XVIII Tahun 2012 Provinsi Riau dilaksanakan di 10 (sepuluh) Kabupaten/Kota di Provinsi Riau yaitu: Pekanbaru, Kampar, Rokan Hulu, Pelalawan, Indragiri Hulu, Kuantan Singingi, Bengkalis, Dumai, Siak, Indragiri Hilir.

Cabang Olahraga Cabang olahraga yang dipertandingkan sebanyak 39 Cabang Olahraga dan Nomor yang dipertandingkan sebanyak 555 Nomor : Jumlah medali yang diperebutkan : 555 medali emas 555 medali perak 729 medali perunggu, Kuota Atlet (6.515 atlet). Urutan Cabang Olahraga Yang Di Pertandingkan Pada PON XVIII Tahun 2012 Provinsi Riau


  1. Aquatic (Renang Prestasi,Loncat Indah, Renang Indah, Polo Air)
  2. Anggar
  3. Angkat Besi, Angkat Bera, Bina Raga
  4. Atletik
  5. Balap Sepeda
  6. Base Ball, Soft Ball
  7. Bola Basket
  8. Billiar
  9. Bowling
  10. Bulu Tangkis
  11. Catur
  12. Dayung (Kano, Kayak,Dragon boat)
  13. Golf
  14. Gulat
  15. Judo
  16. Karate
  17. Layar
  18. Menembak
  19. Panahan
  20. Selam (Kolam, Laut)
  21. Senam (Artistik, Campuran)
  22. Sepak Bola
  23. Futsal
  24. Squash
  25. Pencak Silat
  26. Sepak Takraw
  27. Taekwondo
  28. Tenis
  29. Tenis Meja
  30. Tinju
  31. Bola Voli (Indor, Pantai)
  32. Wushu
  33. Aerosport (Aeromodeling, Gantole, Paralayang, Terbang Layang, Terjun Payung)
  34. Balap Motor
  35. Bridge
  36. Kempo
  37. Panjat Tebing
  38. Sepatu Roda
  39. Ski Air
  40. Tarung Derajat
sumber : ponriau2012.com

0 komentar

Posting Komentar