Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 23 Agustus 2012

Wisata Pekalongan

Pekalongan merupakan sebuah kabupaten yang terletak di provinsi Jawa Tengah.Jika dibandingkan dengan kabupaten lain yang ada di Jawa Tengah,kota yang kerap disebut dengan sebutan kota batik ini tidak kalah kayanya akan tempat-tempat wisata seperti wisata alam,wisata sejarah dan lain sebagainya.


Ada banyak tempat wisata di pekalongan yang mungkin bisa anda kunjungi bersama keluarga kala liburan tiba.Berikut dibawah ini adalah beberapa tempat wisata atau tempat liburan di Kabupaten Pekalongan.

Pantai Slamaran 

Pantai Slamaran ini merupakan tempat wisata berupa pantai yang terletak di sebelah timur Pantai Pasir Kencana, 5 km dari pusat kota, terkenal dengan legenda Ratu Pantai Utara Pekalongan, Dewi Lanjar, dengan matahari terbit dan terbenam.

Pantai Depok 

Pantai Depok merupakan sebuah tempat wisata berupa Pantai yang terletak di Desa Depok, Kecamatan Siwalan, dengan arena bermain anak-anak dan sejumlah tempat berteduh untuk menyaksikan panorama pantai dari jarak jauh.

Pantai Wonokerto 

Wisata pantai bernama Pantai Wonokerto ini terletak di Desa Wonokerto, Wonokerto, 5 km dari Jalan Raya Wiradesa, yang merupakan perkampungan nelayan dengan sedekah laut pada bulan Dhulkaidah.

Pantai Pasir Kencana 

Pantai Pasir Kencana ini adalah tempat wisata berupa pantai yang lokasinya terletak di dekat Tempat Pelelangan Ikan dan Muara Pelabuhan Pekalongan, 4,5 km dari Kota Pekalongan, dengan matahari terbit dan terbenam, pengunjung bisa menyewa perahu nelayan.


Pasar Grosir Batik Setono
Wisata Pasar Grosir Batik Setono ini bisa anda kunjungi di Jl. Raya Baros, di Jalan Raya Cirebon – Semarang, sekitar 3 km dari pusat Kota Pekalongan.

Watu Ireng
Wisata Watu Ireng ini terletak di Desa Lambur, Kandangserang, 17 km dari Kota Kajen, berupa batu hitam besar yang bagian dalam batunya diduga memiliki rongga.

Masjid Aulia Sapuro
Masjid Aulia Sapuro merupakan sebuah tempat wisata bertema religi yang bisa anda jumpai sekitar 37 km dari pusat kota di tengah pemakaman Sapuro, Pekalongan Barat, yang berdiri sejak 1714 dengan tiang penyangga sisa pembangunan Masjid Demak, ada Al-Quran raksasa.

Museum Batik Nasional
Museum Batik Nasional merupakan sebuah tempat wisata yang cukup terkenal di pekalongan,yang mana tempat wisata ini lokasinya terletak di Jl. Jatayu No 3, dengan koleksi batik dari Jogja, Surakarta, Cirebon, Pekalongan, Lasem, Rembang, Tuban dan Sidoarjo, serta batik kuno.

Curug Cinde
Curug Cinde merupakan sebuah tempat wisata yang letaknya berada di Desa Depok, Kecamatan Lebak, 24 km dari Kota Kajen, yang dicapai melalui jalan setapak selama 2 jam dengan berjalan kaki dari Desa Depok.

Rekreasi Terpadu
Wisata Rekreasi Terpadu ini terletak di sebelah pelabuhan Pekalongan, 4 km dari pusat kota, dengan beragam hiburan seperti akuarium ikan laut dan air tawar, dan taman bermain anak.

Bumi Perkemahan
Bumi Perkemahan merupakan sebuah tempat wisata yang memiliki luas 4 ha dan terletak di Dusun Dranan, Desa Yosorejo, Pekalongan, wisata ini telah dilengkapi dengan sarana MCK, Pendopo, Pos Jaga dan juga tempat bermain anak.

Ekowisata Petungkriyono
Ekowisata Petungkriyono adalah sebuah objek wisata yang lokasinya berada di Kecamatan Petungkriyono, di lereng Gunung Ragajambangan, 30 km dari Kota Kajen, berhawa sejuk, dengan air terjun, bumi perkemahan dan peninggalan sejarah.

Wisata Alam Rogoselo
Wisata Alam Rogoselo ini terletak di Desa Rogoselo, sekitar 14 km dari Kota Doro, berupa cagar alam Arca Baron Sekeber dan Makam Ki Gede Atas Angin.

Wisata Alam Lolong
Wisata Alam Lolong keberadaannya terletak di Desa Lolong, 6 Km dari Kota Karanganyar, terkenal dengan buah duriannya, dan jembatan batu melengkung sepanjang 25 m yang dibangun Belanda pada tahun 1927.

Curug Muncar
Curug Muncar adalah tempat wisata berupa air terjun setinggi 40 m di Desa Curug Muncar, Petungkriyono, 1,5 jam dengan sepeda motor dan lebih lama lagi dengan naik mobil, tergantung kondisi jalan.

Linggo Asri
Linggo Asri merupakan sebuah tempat wisata yang terletak di tepi jalan provinsi Pekalongan – Banjarnegara, dengan pemandian, arena taman bermain, hutan pinus, kebun binatang mini, kolam renang, penginapan, dan lingga – yoni.

Kelenteng Po An Thian Pekalongan
Objek wisata Kelenteng Po An Thian Pekalongan ini bisa anda temukan keberadaannya di JL. Blimbing No. 3-5-7, Nama Po An Thian atau Bao An Dian berarti “Istana Mustika Keselamatan”, didirikan pada 1882.