Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 05 Maret 2012

Gunung Semeru / Puncak Mahameru

Semeru mountain, Lumajang East-Java


     Gunung semeru yang terkenal dengan puncak Mahameru nya, merupakan Gunung berapi yang masih aktif, tinggi dari gunung semeru sekitar 3.676 m diatas permukaan laut. Tinggi sekali bukan. Secara geografis gunung ini terletak di antara wilayah Kabupaten Lumajang dan Malang, dengan posisi antara 8°06' LS dan 120°55' BT.

     Untuk menaiki (pergi-pulang) gunung tertinggi di pulau jawa ini kita memerlukan waktu kurang lebih 4 hari perjalanan. kalau kita hitung  dari pusat kota lumajang setelah dua puluh menit perjalanan kita akan sampai di desa senduro lalu selanjutnya kita akan melewati hutan yang sangat lebat. Keluar dari hutan kita akan memasuki desa Ranu Pani, di sinilah letak pos pendakian berada. disini kita di wajibkan untuk membuat surat ijin pendakian beserta berkas yang melengkapinya seperti asuransi jiwa. setelah itu yang perlu kita siapkan adalah mental dan tenaga untuk menaklukkan Gunung Semeru. jika terdapat ketidak siapan dari pendaki, Petugas di pos juga memperbolehkan untuk istirahat atau menginap di pos terlebih dahulu. O,y. di desa Ranu Pani ini terdapat du danau yang sangat indah, yaitu Danau Ranu Pani dan Danau Ranu Regulo. 

Danau Ranu Pani, Lumajang-Jatim
    Awal dari jalur pendakian Gunung Semeru kita akan melihat gapura selamat datang, disini Anda teruslah mengikuti jalan yang sudah di sediakan oleh para petugas, memang ada dua jalur yang bisa di gunakan tapi Saya menyarankan untuk memakai jalur yang aman saja. soalnya jalur yang satu lagi sangat curam sekali, jalur ini biasa di gunakan oleh pendaki lokal saja. Hati-hati anda dalam melakukan perjalanan selain tidak ada penunjuk arah banyak juga terdapat pohon-pohon tumbang dan ranting-ranting.


     Kelelahan Anda setelah berjalan 8,5 km akan terobati setelah melihat pemandangan elok nan indah dari Danau Ranu Kumbolo. 

Ranu Kumbolo, Lumajang-Jatim
    Disini Anda dapat mendirikan tenda bila perlu atau hanya sekedar menambah air persediaan. Namun Saya sarankan anda untuk singgah terlebih dahulu di sini selain untuk menghemat tenaga, pada pagi hari anda akan melihat keindahan matahari terbit di sela-sela bukit, jika Anda beruntung anda akan menyaksikan burung-burung yang berterbangan di atas danau yang terlihat sangat indah.


    Perjalanan selanjutnya adalah menuju arah kali mati, kali mati merupakan padang rumput luas di tepi hutan cemara, sehingga banyak tersedia ranting untuk membuat api unggun. disini juga biasanya di pakain para pendaki untuk istirahat sejenak. sedikit perjalanan lagi Anda akan sampai di Arcopodo.


    Dari Arcopodo menuju Puncak Mahameru diperlukan waktu 3 sampai 4 jam, melewati bukit pasir yang sangat curam dan mudah merosot. Sebagai panduan perjalanan Anda, di jalur ini juga terdapat beberapa bendera segitiga kecil berwarna merah. Semua barang bawaan sebaiknya tinggal di Arcopodo atau di Kalimati. Pendakian menuju puncak dilakukan pagi-pagi sekali sekitar pukul 02.00 pagi dari Arcopodo. Karena Jika di lakukan siang hari angin cenderung ke arah utara menuju puncak membawa gas beracun dari Kawah Jonggring Saloko. 




     Sesampainya di Puncak Mahameru anda akan melihat Kawah jonggring saloko, itu pertanda jika Anda sudah menaklukan Gunung Semeru yaitu Gunung Tertinggi di Pulau Jawa.

0 komentar

Poskan Komentar