Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 14 Desember 2010

Potensi Kudus Sebagai Obyek Pariwisata

Potensi Kudus Sebagai Obyek PariwisataKudus adalah sebuah kota kecil di daerah Jawa Tengah yang terletak di kawasan Pantura (Pantai Utara). Berbatasan dengan Kabupaten Pati di timur, Kabupaten Demak dan Grobogan di selatan, dan Kabupaten Jepara di barat. Selain dikenal sebagai kota penghasil rokok, Kudus juga dikenal sebagai Kota Santri, karena Kudus merupakan pusat perkembangan Islam pada abad pertengahan. Hal itu dapat diketahui dengan adanya makam 2 walisanga, yaitu Sunan Kudus atau Syekh Ja’far Shodiq dan Sunan Muria atau Raden Umar Said. Disamping itu, ternyata Kudus memiliki banyak potensi pada banyak bidang, salah satunya adalah pariwisata. Di antaranya ada pariwisata religi, budaya, alam, bahkan kepurbakalaan.

Contohnya saja adalah Museum Kretek. Museum kretek merupakan satu-satunya museum di dunia, yang menceritakan bagaimana asal mula rokok, dan cara pembuatannya.

“…pariwisata di Kabupaten Kudus itu sangat berpotensi, ya. Terlebih lagi kita tahu bahwa kita punya Museum Kretek. Museum kretek adalah satu-satunya museum tentang bagaimana membuat rokok , di dunia hanya ada satu, dan Kudus punya itu…” tegas Anindita yang merupakan pemegang gelar Juara 1 pemilihan Duta Wisata Kabupaten Kudus 2010 saat diwawancarai di sekolahnya.

Sayangnya, masyarakat kurang menaruh perhatian dan penghargaan terhadap nilai-nilai warisan budaya yang seharusnya dilestarikan.

0 komentar

Posting Komentar