Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 03 Februari 2011

Pengalaman Teknik Supervisi di Hotel


By : Fitria Dwi Mandasari, FB II Mapindo 2011

Saya ingin menceritakan pengalaman saya selama trainig di hotel selama 6 bulan sebagai waitress. Pada bulan terakhir saya mendapatkan training di outlet. Di outlet ini terdiri dari Manager dan Asst Manager, di outlet ini tidak ada seorang supervisor, yang ada hanyalah staff dan di bantu oleh trainiee.

Disini saya ingin menceritakan Asst Manager saya, dia adalah orang yang cukup berpengaruh dalam operasional outlet. Tetapi, dia orang yang jarang tepat waktu. Datang terlambat dan pulang lebih awal, sebelum jam pulang. Ketika manager sedang libur, dia jarang terlihat di outlet dan sering menghilang, yang sering mengatasi masalah yang ada di outlet adalah senior saya.

Asst Manager saya, hanya duduk di bangku kasir dan tidak mau tahu apa yang terjadi di operasional. Terkadang dia juga sibuk dengan urusannya dia sendri. Yang paling sering mengerjakan pekerjaan di outlet in adalah seorang Manager dan Senior saja. Walaupun Manager saya masuk kerja, Asst Manager tetap santai. Dia jarang sekali mangambil pekerjaan. Sekalinya dia mengambil pekerjaan, dia mengambil pekerjaan yang ringan.

Asst Manager saya jarang memberikan saya pengarahan pada setiap training. Dimana kita harus mengambil sesuatu, jika ada yang kurang selama operasional kerja. Asst Manager juga menyuruh senior saya untuk mengambilkan dia makanan di kitchen yang seharusnya itu tidak boleh dilakukan oleh seorang Asst Manager. Karena setiap tingkah laku yang dilakukannya menjadi panutan bagi selurh staff. Disamping itu, Asst Manager jarang mengawasi saat opening restaurant dan terkadang dia terlihat pada saat closing saja.

Disamping itu Asst Manager bertugas membuat schedule para staff dan training selama 1 minggu sekali untuk memperlancar operasional di outlet. Dan Asst Manager saya jarang sekali melakukan evaluasi terhadap operasional kerja. Hal yang paling menarik adalah senior” saya yang sangat baik dan mau memberikan penjelasan tentang operasional outlet


Bahan diskusi :
Berdasarkan cerita di atas, jawablah pertanyaan berikut :
  • Berikanlah gambaran mengenai struktur organisasi restaurant tersebut !
  • Pada cerita di atas, tidak terdapat supervisor. Namun demikian, bukan berarti di restaurant tersebut tidak ada yang mengawasi operasional. Menurut pendapat saudara, siapakah yang menjadi supervisor di restaurant tersebut?
  • Bagaimanakah kemampuan seorang supervisor pada restaurant tersebut dilihat dari : (i) Konseptual skill, (ii) Human skill dan (iii) Teknikal skill?




0 komentar

Posting Komentar