Pemasaran merupakan salah satu kegiatan pokok yang dilakukan oleh suatu perusahaan untuk mengembangkan usaha dan mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan. Swastha dan Sukotjo (2000:177) menyatakan, pemasaran adalah suatu sistem dari keseluruhan kegiatan bisnis yang ditujukan untuk perencanaan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang atau jasa yang dapat memuaskan kebutuhan, baik kepada pembeli yang ada maupun kepada pembeli potensial.
Kotler dan Armstrong (2001:2) menyatakan, mpemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial yang di dalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan dan menukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain. Definisi di atas dapat diartikan bahwa pemasaran adalah kegiatan yang bertujuan untuk memperlancar arus barang dan jasa dari produsen ke konsumen meliputi perencanaan, penentuan harga, mempromosikan serta mendistribusikan barang dan jasa yang bertujuan untuk memuaskan konsumen dan kebutuhan manusia melalui proses penjualan.
Kotler dan Armstrong (2001:2) menyatakan, mpemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial yang di dalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan dan menukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain. Definisi di atas dapat diartikan bahwa pemasaran adalah kegiatan yang bertujuan untuk memperlancar arus barang dan jasa dari produsen ke konsumen meliputi perencanaan, penentuan harga, mempromosikan serta mendistribusikan barang dan jasa yang bertujuan untuk memuaskan konsumen dan kebutuhan manusia melalui proses penjualan.
0 komentar
Posting Komentar